-->

Penyebab dan Cara Mudah Memperbaiki Hp/Smartphone Bootloop

Apa yang dimaksud dengan bootloop?. Dalam dunia android bootloop adalah kegagalan Sistem Operasi Android dalam melakukan Startup, seperti animasi logo dan merek perangkat, dan tentunya masalah utama dari Bootloop ini sendiri yaitu tidak mampunya Android kita beroperasi seperti sediakala.

Penyebab dan Cara Mudah Memperbaiki Hp Smartphone Bootloop

Lalu apasih yang menyebabkan hp/smartphone menjadi Bootloop dan bagaimana cara memperbaikinya?

Perlu diketahui terlebih dahulu, Bootloop yang terjadi di hp/smartphone biasanya dibedakan menjadi tiga jenis yaitu Light Bootloop, Medium Bootloop dan Hard Bootloop.

1. Light Bootloop
Gejala kerusakan : Blank Screen atau hanya menampilkan logo atau merk hp/smartphone saja.

Penyebab : Sistem utama android diutak-atik tanpa mengunakan fitur Recovery Mode, dan biasanya gejala yang ditimbulkan dari Light Bootloop ini sifatnya sementara. contohnya seperti.

Cara memperbaiki jika hp/smartphone mengalami Light Bootloop yaitu dengan cara menshutdown hp/smartphone lalu nyalakan lagi, jika belum berfungsi normal matikan hp/smartphone kemudian lepas baterainya untuk beberapa saat kemudian nyalakan lagi.

2. Medium Bootloop
Gejala kerusakan : Tidak mau menjalankan sistem operasi dan hanya menampilkan sejumlah scrip/kode.

Penyebab : Terjadi karena sistem dari Recovery Mode sudah diubah atau mengistall script yang tidak jelas sumbernya.

Untuk menyelesaikan permasalahan ini caranya adalah sebelum mengubah atau mengutak-atik sistem dari Recovery Mode dan mengistall script yang tidak jelas sumbernya seharusnya backup terlebih dahulu, lalu gunakan file backup tersebut untuk merestore agar hp/smartphone bisa kembali seperti semula.

Jika sudah terlanjur hp/smartphone tiimbul gejala seperti yang tadi disebutkan dan tidak punya file backupnya maka hp/smartphone harus diinstall ulang sistem operasinya melalui perangkat komputer.

3. Hard Bootloop
Gejala kerusakan : hp/smartphone tidak mau menjalankan sistem operasi sehingga hanya menampilkan starup awal dan berulang-ulang atau bisa diartikan dengan mati-nyala-mati-nyala.

Penyebab : biasanya gejala ini muncul disebabkan karena permasalahan pada perangkat lunaknya atau di perangkat keras (haredware), terutama pada bagian eMMC (IC).

Jika yang rusak hanya perangkat lunaknya saja solusinya hanya perlu di install ulang sistem operasinya.

Baca juga: Biaya servis HP/Smartphone Android Bootloop di Tahun 2018

Namun apabila yang rusak di hardwarenya alangkah lebih baik jika membawa masalah ini ke tukang servise yang benar-benar paham masalah perbaikan hp/smartphone, sehingga masalah bisa segera terselesaikan bukannya malah menimbulkan masalah baru apabila memaksakan diri untuk memperbaikinya sendiri.


Posting Komentar
Click to comment
 
close