-->

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Wifi Tidak Bisa Konek di Komputer/PC/Laptop/Notebook

Permasalahan seperti wifi (wireless) tidak mau terhubung di komputer biasa terjadi karena pengaturan/settingan yang kurang tepat atau software dan hardwarenya bermasalah.

Nah yuk cari tau secara mendalam, apa sih penyebab Wifi tidak bisa konek atau tersambung di komputer/pc/ laptop maupun notebook?, serta cara mudah dalam memperbaikinya?. berikut ini dia :
Penyebab dan Cara Mengatasi Wifi Tidak Konek ke Komputer PC Laptop Notebook

1. Wifi Belum dinyalakan
Kesalahan sepele seperti wifi belum dinyalakan bisa berakibat fatal yaitu wifi tidak bisa dihubungkan, bagaimana mau di connect jika dinyalakan saja belum, maka dari itu cek dulu apakah wifi sudah dalam mode on atau menyala dengan melihat tombol wifi di keyboard lampunya sudah menyala atau tidak. jika lampunya mati silahkan tekan tombol wifi itu untuk menyalakan fungsi wifinnya (tombol wifi biasanya hanya terdapat pada laptop/notebook saja).
Penyebab dan Cara Mengatasi Wifi Tidak Konek ke Komputer PC Laptop Notebook

2. Pastikan Airplan Mode dalam kondisi off khusus laptop dengan sistem operasi windows 8 keatas
Pada komputer/pc/laptop/notebook yang mengunakan sistem operasi Windows 8, 8.1 dan 10. disana terdapat mode yang dinamakan dengan Airplan mode (Mode pesawat) yang berfungsi untuk menonaktifkan semua jenis sambungan internet.

Jika airplane mode tersebut on maka jaringan wifi tidak bisa sama sekali disambungkan, jadi pastikan lagi jika Airplan mode di komputer sudah dalam keadaan off.
Penyebab dan Cara Mengatasi Wifi Tidak Konek ke Komputer PC Laptop Notebook

3. Salah memasukkan pasword atau kata kunci atau sandi masuk wifi
Biasanya saat ingin menghubungkan wifi di perangkat komputer ke suatu hotspot terkadang diminta untuk memasukan pasword dari hotspot tersebut. apabila saat memasukan paswornya salah, tentu perangkat komputer tidak akan tersambung dengan jaringan wireless.

Jadi telitilah dalam memasukan pasword dari suatu hotspot, periksa lagi dan pastikan paswordnya yang diketik dan dimasukan sudah benar..

4. Driver ethernet control/wifi belum terinstall
Penyebab wifi tidak konek ke pc lainnya disebabkan karena driver ethernet di pc tersebut belum terinstall, cek dulu apakah driver ethernet di pc sudah terinstall atau belum dengan cara masuk ke  Control Panel > Hardware & Sound > Device Manager > Other Device atau Network Adapter.

Apabila di Other Device atau Network Adapter terdapat Ethernet controller menunjukan simbol segitiga warna kuning dengan tanda seru (tanda pentung) maka bisa dipastikan driver ethernet tidak terinstall. maka dari itu install dulu driver ethernet yang sesuai dengan hardware di komputer.

Saat driver ethernet sudah terinstall dengan baik maka akan terlihat simbol atau gambar komputer berwarna hijau biru.
Penyebab dan Cara Mengatasi Wifi Tidak Konek ke Komputer PC Laptop Notebook

5. Wifi terdisable
Jika Network Adapters tidak terlihat segitiga warna kuning dengan tanda seru (tanda pentung) akan tetapi terlihat tanda panah kebawah kemungkinan driver ethernet terdisable (ternonaktfkan) yang mengakibatkan wifi tidak bisa dioperasikan sehinga tidak bisa disambungkan ke suatu jaringan wireless. untuk mengaktifkannya klik kanan pada driver ethernet lalu klik enable.
Penyebab dan Cara Mengatasi Wifi Tidak Konek ke Komputer PC Laptop Notebook

6. Wifi adaptor mengalami kerusakan
Disaat ke-5 tips diatas sudak dilakukan akan tetapi wifi masih saja belum terhubung ke komputer maka diagnosa selanjutnya adalah perangkat keras wifi mengalami kerusakan.

Lalu bagaimana solusinya?, solusinya yaitu perbaiki dulu hardware wifi tersebut atau menganti hardware Wifi Internal dengan yang baru, akan tetapi dalam menemukan sparepart Wifi Internal yang cocok dengan perangkat laptop/notebok (jka yang rusak wifi internal pada laptop/notebok) itu sulit,  jadi sangat direkomendasikan untuk membeli wifi adaptor/wifi eksternal saja karena lebih praktis.

Belilah Wfi adaptor lalu install drivernya maka perangkat komputer akan langsung tersambung dengan jaringan wifi.

Itulah cara mudah dalam mengatasi masalah wifi tidak mau tersambung ke komputer, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu yang mengalami jenis permasalahan seperti ini. Terimakasih dan selamat berjuang memperbaiki komputermu ya.


Posting Komentar
Click to comment
 
close