-->

8 Kesalahan Fatal Merakit Pc Gaming yang Harus Dihindari

Merakit pc gaming harus dilakukan dengan kehati-hatian dan perlu berbagai pertimbangan yang mendalam, tujuannya agar pc gaming rakitan pada nantinya bisa bekerja secara maksimal.

Nah selama ini banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini dan merakit pc untuk kebutuhan gaming dengan asal asalan sehinga pc rakitan yang dihasilkan peformanya kurang memuaskan dan akhirnya hanya menimbulkan kekecewaan saja.
Kesalahan Fatal Merakit Pc Gaming yang Harus Dihindari

Untuk mencegah hal itu terjadi kepadamu, Blog AnakTekno akan memberikan tips dan trik merakit pc gaming yang baik dan benar serta contoh kesalahan fatal yang sering dilakukan orang saat merakit pc gaming. Berikut diantaranya :

1. Jangan terlalu fokus kepada tampilan luarnya yang bagus dan keren
Pasti disaat berpikir tentang pc gaming dibayanganmu digambarkan dengan tampilannya keren, casingnya bagus, banyak lampu yang bercahaya, bukan?.

Tolong lupakan sejenak tentang itu karena merakit pc gaming yang harus diutamakan adalah hardwarenya terlebih dahulu seperti komponen komputer prosesor, motherboard, ram, psu, vga, hardisknya

2. Menggunakan psu (Power Supply) sembarangan
Ingat, sebuah pc gaming membutuhkan daya yang tidak sama dengan pc biasa atau non gaming, jadi jangan sekali-kali menyepelekan hal ini dan menggunakan psu sembarangan untuk pc gaming karena akibatnya bisa fatal, jika psu  itu mengalami kerusakan maka kerusakan itu bisa berakibat buruk ke komponen komputer lainnya.

Lalu psu atau power supply yang baik untuk gaming itu seperti apa?
Cara memilih psu yang baik untuk pc gaming adalah dengan memperhatikan dayanya, belilah psu yang dayanya diatas 450 watt, memiliki pendingin yang baik, bergaransi dan memiliki sertifikasi 80+ yang berarti psu tersebut mampu menghemat daya.

3. Tidak mempertimbangkan kapasitas hardisk
Game-game keluaran terbaru saat ini berukuran cukup besar dikisaran 30-40 GB, jadi saat kamu berencana membangun pc gaming rakitan saran saya usahakan untuk tidak menggunakan hardisk yang kapasitas penyimpanannya berukuran kecil karena akan menyusahkan saat akan digunakan untuk menyimpan game, idealnya gunakanlah hardisk yang kapasitas penyimpanannya cukup longar yaitu diatas 1 TB (TeraByte).

4. Berpikir jika semakin banyak RAM semakin bagus
Jika kamu beranggapan semakin banyak ram dalam pc gaming rakitan itu semakin bagus maka itu salah, karena seharusnya ukuran besar ram dalam pc gaming rakitan harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Contohnya untuk memainkan game PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), disana sistem ram yang direkomendasikan adalah sebesar 8 Gb jika kamu tetap membandel mengunakan ram sebesar 16-32GB dengan tujuan agar mendapatkan kualitas gambar yang lebih bagus dan baik, maka kamu harus tau jika hal itu tidak terlalu berpengaruh dan kualitas gambar yang dihasilkan tidak akan terlalu berbeda.

5. Tidak menggunakan komponen komputer yang bisa diupgrade
Karena setiap harinya perkembangan teknologi terutama komputer dan game sangat pesat, jadi saat merakit pc gaming kamu harus mempertimbangkan tentang kedepannya dengan kata lain pc rakitanmu bisa mengikuti perkembangan tersebut.

Nah caranya bagaimana? yaitu dengan memilih komponen-komponen komputer yang memungkinkan untuk diupgrade/diperbarui di masa selanjutnya contohnya adalah pada motherboard. usahakan motherboard yang kamu gunakan bisa berfungsi atau kompatibel dengan prosesor keluaran terbaru atau yang akan datang.

6. Membeli dan menggunakan monitor tanpa mempertimbangkan kompatibel dengan pc gaming yang dirakit
Jika kamu membeli dan ingin menggunakan monitor berteknologi 4K tapi pc gaming yang kamu rakit masih kelas Low End, maka akan terasa sia-sia saja, karena gambar yang akan tampil di monitir tersebut tidak akan beresolusi 4K diakibatkan pc kamu tidak mendukung untuk kearah itu.

7. Menyepelekan soal pendingin hardware (perangkat keras) pada pc gaming
Karena pengunaan pc gaming tidak sebentar bisa berjam-jam dalam sekali pakai maka kamu harus mempertimbangkan soal pendingin hardware pada pc tersebut, jika tidak maka pc kamu bisa overhead (Kelebihan panas) sehinga jika terlalu sering pc kelebihan panas bisa berakibat timbulnya kerusakan.

Cara mencegah overhead adalah pertama memilih hardware yang punya teknologi pendinginan secara otomatis, lalu gunakan thermal paste kualitas terbaik pada prosesor, pasang fan (kipas) sesuai ukuran maksimal kapasitas yang tersedia pada casing, pasang juga watercooled, dan terakhir pilih casing yang sirkulasi udaranya cukup baik.

8. Membeli fitur yang tidak terlalu dibutuhkan
Jika kamu ingin merakit pc gaming tapi masih membeli DVD RW itu akan terasa mubazir alias  hanya buang-buang uang saja karena tren sekarang ini hampir semua game untuk pc dijual tidak berbentuk fisik lagi contohnya seperti DVD.

Jadi untuk mendapatkan game yang kamu inginkan, kamu harus mendownloadnya secara online kemudian menginstallnya.
Posting Komentar
Click to comment
 
close