-->

12 Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis, Ngedrop atau Rusak

Baterai sebuah laptop sering sekali timbul berbagai masalah kerusakan seperti cepat habis atau istilah lainnya yaitu baterai ngedrop, ternyata hal itu terjadi karena beberapa penyebab. Nah blog AnakTekno akan memberikan penyebab-penyebab baterai sebuah laptop itu bisa cepat sekali habisnya, berikut diantaranya :
Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis Ngedrop atau Rusak

1. Telat dicharger, mengisi ulang daya atau dicas
Apabila sebuah laptop daya baterainnya sudah dibawah 10% atau malah sampai mati total dan saat itu tidak langsung dicas atau diisi ulang dayanya maka akan mengakibatkan laptop tersebut kekurangan daya dan baterai akan bekerja diluar kemampuan seharusnya dan hal itu bisa membuat baterai tersebut cepat rusak.

2. Terjadi kerusakan fisik pada baterai
Jika sebuah baterai laptop pernah mengalami benturan keras mungkin karena terjatuh dari ketinggian dan menyebabkan fisik baterai tersebut rusak maka akibatnya bisa  mengakibatkan kondisinya menjadi tidak normal lagi adan akibatnya baterai akan cepat habis.

3. Mematikan komputer dengan cara tidak mengikuti prosedur yang benar
mematikan komputer dengan asal-asalan tanpa mengikuti prosedur yang benar yaitu dengan menekan shutdown, maka akan membuat laptop kamu cepat rusak terutama pada bagian baterainnya karena teganngannya yang tadinya terisi langsung terputus.

Mematikan komputer yang salah contonya seperti:
  • lagsung menekan tombol power/on
  • melepas baterai saat kondisi masih nyala/hidup

4. Menggunakan laptop saat diisi ulang 
Saat menggunakan laptop sambil mengisi ulang terkadang kelupaanlupa untuk memutus aliran listriknya ketika baterai telah terisi penuh yang tentunya hal itu akan merusakn kualitas dari baterai laptop itu sendiri.

5. Aliran listrik tidak stabil saat dicharger atau dicas
Saat di dicharger atau dicas aliran listrik yang masuk ke laptop tidak stabil mungkin disebabkan oleh kabel charger yang tidak terpasang dengan baik di stop kontak atau terlalu sering mati lampu saat di isi ulang mengakibatkan baterai laptop akan bermasalah.

6. Baterai bukan original melainkan kw atau palsu
Jika baterai yang rusak itu bukanlah produk asli keluaran pabrik atau disebut produk original tentunya bisa mengakibatkan baterai tersebut bisa cepat bobrok

7. Kualitas baterai dimakan usia
Bila baterai laptop sudah lama sekali digunakan dan dipakai pasti lama-kelamaan akan mengalami kerusakan.

8. Menggunakan laptop dalam waktu yang lama alias nonstop atau tanpa henti
Meskipun laptop itu hanya mesin tapi jika digunakan dalam waktu yang lama serta tanpa henti maka lama-kelamaan hardwarenya akan cepat panas dan itu bisa membuat laptop rusak terutama pada baterainya.

9. Menggunakan laptop untuk keperluan diluar kapasitasnya
Apabila laptop tersebut memiliki spesifikasi rendah dan diperuntukan untuj keperluan komputer biasa seperti browsing, mendengarkan musik atau lainnya, namun dipaksakan untuk keperluan yang membutuhkan spek tinggi seperti main game hd, redering video maka akibatnya fatal yaitu laptop cepat rusak dan salah satu gejalanya baterainya cepat habis.

10. Kipas atau pendingin laptop tidak berfungsi
Seandainya hardware di laptop tidak didinginkan oleh kipas pendingin maka suhunya akan cepat panas, maka akibatnya bisa fatal dan salah satu konsekuensinya berimbas pada baterai yang rusak.

11. Adanya software atau hardware yang error
Software atau perangkat lunak dan hardware atau perangkat lunak jika mengalami error maka mengakibatkan laptop terkadang lag dan sering sekali mati sendri meskipun tanpa adanya perintah shutdown.

12. Terlalu banyak software yang terinstal dan kapasitas hardisk penuh maksimal
Saat laptop diinstal kebanyakan software dan kapasitas hardisknya penuh maka laptop tersebut akan boros baterai.
Posting Komentar
Click to comment
 
close