-->

7 Cara Mudah Memperbaiki CPU Mati Total dan Tidak Bisa Menyala Lagi

Cpu atau komputer kamu mati dan tidak mau menyala?, cobalah ikuti tutorial dari saya ini yang berisi cara mudah memperbaiki cpu mati dan tidak bisa menyala agar berfungsi seperti semula :
Cara Mudah Memperbaiki CPU Mati Total dan Tidak Bisa Menyala Lagi
1. Pastikan aliran listrik normal
Langkah pertama, colokan tespen ke stop kontak untuk memastikan jika aliran listrik normal dan tidak ada masalah seperti listrik padam karena dimatikan pihak PLN, atau ada kabel putus dan semacamnya.

2. Periksa apakah kabel power terpasang dengan baik dan tidak rusak
Selanjutnya pastikan lagi jika kabel power yang menghubungkan antara psu (power supply) di cpu atau komputer dan di stop kontak benar-benar tertancap dengan baik, periksa juga kondisi kabel power tersebut apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah rusak.

3. Tombol switch di psu (Power Supply) harus ditekan kearah yang benar
Seandainya tombol switch di cpu kamu tidak ditekan kearah yang benar, maka komputer kamu tidak akan bisa dihidupkan, jadi tekan tombol switch itu kearah benar yang bertanda (-) bukan kearah (0), karena dalam dunia digital tanda (- atau berarti 1) artinya menyala sementara tanda (0) berarti mati.

4. Cek apakah PSU (Power Supply) di komputermu kondisinya masih baik
Cara mengecek psu atau power supply dalam keadaan baik atau tidak rusak bisa dilakukan dengan teknik jumper, yaitu sambungkan kabel di psu berwarna hitam dan hijau dengan sebuah kabel atau kawat dan kemudian sambungkan kabel power ke stop kontak dan lihat apakah kipas di psu menyala dan berputar. apabila kipas menyala kemungkinan kondisi psu kamu kondisinya normal dan tidak mengalami kerusakan.

Bila psu kamu normal tapi komputermu masih mati total, coba ikuti langkah selanjutnya dibawah ini.

5. Periksa tombol power pada casing 
Komputer kamu tidak mau menyala saat tombol power pada casing ditekan berulang kali?, ada kemungkinan jika tombol power tersebut bermasalah.

Jadi solusinya adalah cobalah nyalakan komputer tersebut tanpa mengunakan tombol power, caranya dengan teknik jumper, gunakan sebuah kabel yang dikupas kedua ujungnya, lalu tempelkan ujung satunya di kabel postitif dan satu lagi di kabel negatif, lakukan dengan cepat lalu lepas dan coba cek cpu kamu nyala atau tidak.

6. Pastikan lagi jika semua kabel didalam cpu terpasang ditempat yang semestinya
Apabila ada satu saja kabel didalam cpu tidak dipasang di tempat semestinya mungkin karena terbalik atau  malah sama sekali tidak dipasang, maka salah satu akibatnya adalah cpu tersebut akan mati total dan tidak akan mau menyala sama sekali.

Jadi pastikan lagi jika semua kabel didalam cpu terpasang ditempat yang semestinya, terutama kabel yang menghubungkan psu (Power supply) dengan motherboard dan motherboard dengan tombol power pada casing.

7. Ganti motherboard lama dengan yang baru
Jika kamu sudah melakukan cara-cara diatas tapi komputermu masih belum menyala, kemungkinan salah satu komponen komputermu rusak.

Jika permasalahannya komputer tidak mau menyala sama sekali dugaan saya yang rusak adalah psu, apabila psu kamu normal berarti yang bermasalah di motherboardnya.

Saran saya coba kamu ganti motherboard itu dengan yang lain untuk mengecek jika komputermu yang rusak hanya di bagian motherboardnya saja, jangan buru-buru membeli motherboard baru, pinjam saja milik keluarga atau temanmu yang memiliki motherboard dengan tipe serupa, lalu cek apakah komputermu bisa menyala lagi.

Seaindainya komputer kamu belum berfungsi normal walaupun sudah mengikuti semua tutorial cara mudah memperbaiki cpu mati dan tidak bisa menyala yang saya berikan ini, langkah terbaiknya adalah membawa komputermu ke tukang service agar komputermu tertangani oleh ahlinya.
Posting Komentar
Click to comment
 
close