-->

8 Tips Membeli Printer yang Bagus dan Berkualitas

Kamu jangan pernah membeli printer dengan asal-asalan, ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan saat ingin membeli sebuah printer agar printer yang akhirnya kamu beli tidak mengecewkan karena salah pilih atau produknya kurang bagus dan berkualitas.
Tips Membeli Printer yang Bagus dan Berkualitas

Maka dari itu, Blog AnakTekno akan memberikan kamu tips dalam membeli printer yang bagus dan berkualitas, sehingga kamu bisa membeli printer sesuai kebutuhan dan mendapatkan kualitas produk yang terbaik, berikut tipsnya :

1. Pilih Printer yang sesuai kebutuhan
Tips sebelum membeli printer, tentukan terlebih dahulu untuk apa printer tersebut akan kamu gunakan?. Untuk pengunaan rumahan, untuk keperluan pelajar/mahasiswa, keperluan fotografi digital, keperluan bisnis/ usaha kecil atau untuk perusahaan/perkantoran.

2. Tentukan printer yang ingin dipilih dengan mempertimbangkan jenisnya
Ada 7 jenis printer saat ini dipasaran, masing-masing memiliki fungsi dan kegunaannya sendiri, kurang lebih sebagai berikut :

  • Printer Inkjet/Deskjet/Bubble Jet : Printer yang mampu mencetak dikertas mengunakan tinta cair dengan kecepatan tinggi.
  • Printer Dot Matrix : Printer jenis ini menggunakan teknik pencetakan dokumen berupa titik-titik atau dot yang disatukan dan digabungkan menjadi satu kesatuan hasil cetakan.
  • Printer Laser Jet : printer yang mencetak menggunakan laser dan  memiliki kemampuan cetak sangat cepat, lebih cepat dibandingkan printer lainnya.
  • Printer Printer Thermal/ Pos Printer : Jenis printer berukuran kecil yang menggunakan panas untuk mencetak, ditujukan untuk mencetak struk seperti karcis parkir atau nota pembelian.
  • Printer DTG (Direct to Garment Printer) : mesin printer yang khusus mencetak di bahan hasil  produksi garment , tekstil dan kain, 
  • Printer Label : Printer ini difungsikan untuk kepentingan seperti mencetak barcode pada produk tertentu, melakukan printing terhadap label harga untuk suatu barang di dalam toko.
  • Plotter atau Wide Format Printing : printer yang digunakan untuk mencetak grafis pada surface kertas, Vinyl, Sticker, dan berbagai bahan lainnya dalam ukuran besar dengan hasil yang memuaskan. Printer ploter cocok untuk mereka yang menerima jasa print digital outdoor dan indoor seperti banner, poster, sticker, cutting, dsb.
3. Pertimbangkan soal fitur/teknologi printer
Berbagai macam fitur atau teknologi pada printer harus menjadi pertimbangan kenapa kamu harus membeli printer tersebut, contoh teknologi pada printer saat ini yaitu :

  • Portable : Printer yang ukurannya kecil dan beratnya ringan serta fleksibel untuk dipindahkan
  • Wireless : Printer yang tidak menggunakan kabel untuk mentransfer dan membaca data
  • Mobile Printer : Printer yang mampu mencetak data yang dikirim dari mobile/hp/smartphone
  • Printer all in one (Multifungsi) : Printer yang memiliki berbagai kemampuan seperti mencetak, scan, mengcopy, fax dan lainnya

4. Belilah printer keluaran produsen terpercaya
Pada dasarnya printer bagus selalu diproduksi oleh produsen terbaik, makanya saya sarankan kamu untuk membeli printer dari merk dagang yang sudah terpercaya dan berkompeten dalam memproduksi mesin printer, contohnya merk Epson, HP, Canon dan beberapa merk lainnya.

5. Cek kondisi fisik dan fungsi printer
Saat anda membeli printer dalam kondisi baru maupun bekas (second) pastikan bahwa kondisi fisik dari printer tersebut baik-baik saja tidak ada lecet maupun kerusakan fisik lainnya serta jangan lupa untuk memeriksa fungsinya apakah masih berfungsi semestinya.

6. Perhatikan soal konsumsi daya
Untuk memilih printer terbaik, bisa kamu lakukan dengan memperhatikan soal konsumsi daya printer tersebut, menurut pandangan saya, printer bagus dan berkualitas itu pasti irit dalam konsumsi daya alias hemat daya dibandingkan dengan printer pesaingnya yang sejenis.

7. Belilah printer yang memiliki garansi produk
Printer berkualitas pastinya akan memiliki garansi produk yang dikeluarkan oleh pabrik maupun toko tempat printer itu dijual, dengan adanya garansi berarti ada jaminan dari pihak pabrik atau toko jika printer itu memiliki kualitas.

8. Jangan membeli printer dengan mencurigakan
Harga mencurigakan yang saya maksut adalah harga yang tak semestinya bisa karena terlalu murah, atau terlalu jauh, biasanya jika printer dijual dengan harga yang jauh dari harga semestinya bisa saja jika produk tersebut bukan original/asli melainkan palsu/kw atau produk tiruan.

Saran saya sebelum membeli cobalah untuk mencari-cari referensi tentang harga produk printer di situs internet yang terpercaya memberikan daftar harga.


Posting Komentar
Click to comment
 
close