-->

9 Cara Mudah Mengatasi PC Hidup Tapi Tidak Tampil di Monitor


Pc kamu menyala tapi tidak mau tampil di monitor?, inilah penyebab dan cara mudah dalam mengatasinya :

1.Monitor rusak atau kabel power tidak terpasang dengan baik di stop kontak
Pertama pastikan terlebih dahu bahwa monitor kamu normal dan tidak mengalami kerusakan sama sekali. cobalah untuk menyalakannya sesuai prosedur dengan baik agar monitormu menyala dengan benar. pastikan juga kabel power monitor terpasang dengan baik di stop kontak.

jika semua sudah dilakukan namu masih saja komputer kamu tidak terhubung ke monitor silahkan lakukan cara selnjutnya di bawah ini.

2. Kabel VGA atau HGDMI tidak terpasang dengan baik atau rusak
Selanjutnya pastikan juga kabel yang mengubungkan cpu/komputer dengan monitor benar-benar terpasang dengan pas dan terhubung dengan baik.

Jika masih belum berfungsi ada kemungkinan kabel vga dan hdmi yang menghubungkan pc ke monitor rusak dan perlu diganti.

3. Tombol switch tegangan power supply diatur dengan salah
Jika tombol switch power supply di pc kamu tidak diatur dengan benar maka akibatnya pc kamu tidak akan terhubung ke sebuah monitor, karena biasanya kesalahan seperti ini membuat pc hanya teraliri listrik dan menyala untuk sementara waktu saja, kemudian mati dan tidak mau tampil di monitor.

Solusinya adalah dengan memastikan bahwa switch tegangan power supply di pc kamu diatur dengan  baik dan benar

4. Salah dalam memasang kabel vga atau hdmi
Seandainya di pc kamu terdapat komponen komputer VGA Card tambahan dan kamu memasang kabel vga atau hdmi di port yang tersedia di motherboard, maka komputer kamu masih tetap nyala akan tetapi tidak akan pernah tampil di monitor.

Karena seharusnya kabel vga atau hdmi itu di masukan di port yang ada di VGA Card tambahan itu bukan di motherboard.

5. Kabel dari power supply ke motherboard tidak terpasang dengan benar.
Ini kesalahan yang seharusnya tidak terjadi karena akibatnya fatal yaitu kabel dari power supply ke motherboard tidak terpasang dengan benar mungkin karena terbalik atupun terlepas.

bila itu terjadi maka motherboard tidak teraliri listrik sehingga tidak berfungsi, otomatis komputer atau pc kamu tidak akan konek ke monitor. Sebaiknya periksa dengan teliti apakah sudah benar dalam memasang setiap kabel di pc.

6. Memory komputer (RAM) tidak terpasang dengan baik, kotor maupun rusak
Apabila memory komputer atau biasanya disebut RAM di pc kamu tidak terpasang dengan baik, maka akan menyebabkan komputer no signal pada monitor alias tidak tampil, jadi teliti lagi apakah ram di pc kamu sudah terpasang dengan baik.

Selain itu, jika ram itu kotor biasanya karena berdebu juga dapat mengakibatkan gejala yang sama, alangkah lebih baik dibersihkan dengan cara di tiup debunya atau mengunakan kuas lukis yang lembut dan tentunya bersih.

Seaindainya masih saja  belum terselesaikan masalah tersebut ada kemungkinan juga ram komputer kamu rusak dan minta diganti.

7. Tegangan listrik yang kurang stabil
Tengangan listrik kurang stabil bisa membuat komputer menyala tetapi tidak muncul apa apa pada monitor, untuk memperbaiki masalah seperti itu yaitu dengan menganti psu lama dengan yang baru karena mungkin psu kamu rusak karena dimakan usia.

Selain itu mengunakan alat stabilizer juga dapa membantu tengangan listrik di komputer/pc kamu stabil.

8. Hardware error
Jika pc kamu mengalami kerusakan atau error pada bagian hardwarenya maka akan menyebabkan komputer tetap menyala akan tetapi monitor mati, jadi saran saya lebih baik matikan dulu cpu kamu kemudikan lepas semua kabel yang terpasang dari mainboard ke komponen lainnya seperti ke hardisk, psu, dvd room, dan lainnya.

Setelah beberapa waktu, coba sambungkan kembali seperti semula dan lihat apakah komputer kamu akan terhubung ke monitor.

9. Salah satu komponen komputer kamu rusak
Jika masih saja tidak berfungsi normal ada kemungkinan salah satu komponen komputer kamu rusak, solusinya coba ganti satu persatu komponen komputer kamu dengan yang baru, tidak perlu membeli kamu bisa meminjam terlebih dahulu milik keluarga atau teman kamu.

Setelah kamu menerapkan semua tips dan trik mudah cara memperbaiki pc yang tidak mau konek ke monitor yang sudah saya berikan namu tidak ada perubahan dan masih saja gejala itu ada, sepertinya kamu membutuhkan orang yang ahli dibidang servise komputer.

Coba bawa pc kamu ke tukang servise atau kamu bisa mengundang tukang servise komputer kerumahmu untuk memperbaiki komputermu agar bisa kembali dioperasikan secara normal.

Posting Komentar
Click to comment
 
close