-->

Sebelum Beli, Coba Cek Kelebihan dan Kekurangan Kamera instan (Polaroid) Disini!

Apakah kamu punya rencana untuk membeli kamera instan(kamera polaroid)?. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli kamera instan coba baca dulu postingan ini sampai selesai karena di sisni blog Anaktekno.com akan mengulas secara tuntas dan lengkap tentang kelebihan dan kekurangan kamera instan, berikut ini ulasannya :
Sebelum Beli, Coba Cek Kelebihan dan Kekurangan Kamera instan Disini!

Kelebihan :

Cocok bagi pemula
Karena pada kamera instan ini tidak memiliki banyak fitur sehingga tidak membingungkan pengunanya dalam mengoperasikannya, jadi jenis kamera ini sangat cocok bagi seseorang yang tertarik belajar fotografi.

Simple dan cepat
Hanya sekali jepret langsung tercetak sebuah foto, itulah yang akan terjadi saat menggunakan kamera instan muncul kesan simple dan cepat.

Desain yang unik dan beragam
Produsen dari kamera instan berlomba-lomba memproduksi kamera instan dengan bentuk yang unik dan sangat beragam dari segi ukuran, warna, berat maupun jenisnya, hal itulah yang membuat kamera yang pertamakali populer di tahun 80an ini cocok untuk jadi barang koleksi.

Cocok untuk Fotografi Outdoor
Kamera instan akan menghasilkan jepretan terbaiknya apabila digunakan untuk memotret di tempat yang memiliki intensitas cahaya yang tinggi, sehingga sangat bagus bila digunakan untuk memfoto di tempat outdoor (diluar ruangan).

Kekurangan :

Teknologinya masih dibawah kamera digital
Teknologi yang dimiliki kamera instan bisa dipastikan masih dibawah jenis kamera digital, dimulai dari ukuran mega pixel kameranya yang lebih kecil dan fitur-fitur lainnya yang dimiliki kamera digital terkadang tak terdapat di kamera instan.

Ada kamera instan yang bisa menyimpan gambar dan ada yang tidak
Apakah kamera instan bisa buat menyimpan gambar? perlu diketahui tidak semua kamera instan memiliki fitur dapat di pasangi memori sehingga bisa untuk menyimpan gambar. Salah satu kamera instan yang bisa menyimpan gambar yaitu merk Polaroid Snap Touch.

Akan tetapi kebanyakan dari kamera instan tidak memliki fitur satu ini.

Banyak kamera instan dibuat tanpa ada layar monitor
Karena banyak kamera intan yang tidak dilengkapi oleh layar monitor sehingga pengguna hanya bisa melihat objeck yang akan di jepret melalui viewfinder saja. hal itulah yang menyebabkan terkadang hasil jepretan berbeda dengan yang terlihat di viewfinder.

Ukuran foto yang terbatas
Hasil foto dari kamera instan tercetak di kertas yang ukurannya terbatas jadi pengguna tidak bisa leluasa untuk menentukan ukuran cetakan foto.

Sebenarnya pengguna bisa memilih ukuran cetakan foto akan tetapi itu dibatasi menjadi tiga ukuran saja yaitu : Mini (Ukuran kertas 54 mm x 86, ukuran gambar yang tercetak 46 mm x 62 mm), Wide (Ukuran kertas 86 mm x 108, ukuran gambar yang tercetak 62 mm x 99 mm) dan Square (Ukuran kertas 86 mm x 72, ukuran gambar yang tercetak 62 mm x 62 mm), akan tetapi itu juga harus menyesuaikan dengan jenis kamera instan mana yang pengguna pakai, jenis mini, wide atau square.

Baca Juga : Mengenal Berbagai Macam Ukuran Foto Polaroid dari Merknya

Harga Kertas/frame yang lumayan bernilai
Biasanya kertas/frame kamera instan dijual per 10 lembar dan harganya adalah dikisaran 100 ribu, itu menandakan per satu kali jepretan pengguna menghabiskan biaya Rp 10 ribu, harga yang memang sangat bernialai bagi setiap jepretan dari kamera instan.

Jika ingin mendapatkan hasil foto yang berbeda harus membeli kertas/frame berbeda
Apabila pengguna kamera instan ingin hasil jepretannya tampak beda seperti model monocrom (hitam putih) atau ingin garis tepi kertas/frame tidak polos putih maka pengguna harus membeli kertas/frame khusus sesuai motif/model yang diinginkan dan itu tandanya harus mengeluarkan dana lagi.

Kurang bagus untuk foto di tempat yang minim cahaya
Saat kamera instan digunakan untuk memfoto di tempat redup cahayanya kemungkinan hasil gambarnya akan buram dan tak nampak tajam.

Kurang lebih itulah kelebihan dan kekurangan dari kamera instan. terkadang kelemahan ataupun keunggulan yang dimiliki kamera instan menjadi pembeda dari kamera jenis lainnya sehingga menimbulkan kesan unik tersendiri.

Semoga setelah membaca postingan ini sedikit membuka mata kamu mengenai seluk beluk kamera instan yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk membelinya.
Posting Komentar
Click to comment
 
close